Bantuan

{{collapse}}
video
video
video
Umum

  1. Apa itu Kelas Maya?
    Kelas Maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran online (daring) antara siswa dan guru kapan saja dan di mana saja.

  2. Apa keuntungan menggunakan kelas maya?
    Kita dapat melakukan pembelajaran dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.

  3. Apa saja fasilitas yang terdapat di kelas maya?
    Kelas Maya merupakan pengembangan dari rumah belajar yang dikembangkan oleh Pustekom Kemdikbud Republik Indonesia, jadi kita bisa memanfaatkan fitur-fitur di rumah belajar lainnya seperti: Lab Maya, Bank Soal, Wahana Jelajah Angkasa dll.

Registrasi

  1. Bagaimana cara mendaftar di Kelas Maya?
    Masuk ke alamat web https://belajar.kemdikbud.go.id/jejakbali dan silahkan Klik tombol Daftar dipojok kanan atas pada halaman depan.

  2. Setelah klik tombol daftar apa yang kita lakukan?
    Daftar sebagai Siswa untuk Peserta didik/siswa, daftar sebagai Guru untuk Pendidik/Tenaga Kependidikan, daftar sebagai penyelenggara untuk menjadi penyelenggara.

  3. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk daftar kelas Maya?
    Harus ada koneksi internet.
    Untuk Siswa: NISN, username, password dan alamat email aktif
    Untuk Guru: NUPTK, username, password dan alamat email aktif

  4. Mengapa pilihan daftar Provinsi/Kabupaten/ Jenjang / Sekolah tidak tampil atau tidak sesuai?
    Pastikan koneksi internet tidak terkendala lalu tekan tombol F5, ulangi proses pendaftaran.

  5. Bagaimana mencari Sekolah yang sudah terdaftar?
    Pastikan pilihan Provinsi, Kabupaten/Kota, Jenjang Sekolah sudah benar, pada kolom pilihan SEKOLAH ketikan kata kunci untuk pencarian sekolah.

  6. Bagaimana menambah Sekolah yang belum terdaftar?
    Pada kolom pilihan SEKOLAH, klik symbol(tambah kelas) lalu isikan data Sekolah sesuai Form penambahan Sekolah.

  7. Bagaimana jika Guru tidak memiliki NUPTK?
    Pendaftaran bisa dilakukan dengan menggunakan No Kartu Identitas Lainnya (SIM, KTP, NIP).

  8. Bagaimana jika Guru lupa NUPTK?
    Pendaftaran bisa dilakukan dengan menggunakan No. Kartu Identitas Lainnya (SIM, KTP,NIP).

  9. Apakah boleh menggunakan Username sendiri?
    Iya, username ditentukan sendiri, pastikan username yang digunakan belum pernah terdaftar.

  10. Apakah Username sama dengan Email?
    Username tidak sama dengan Email.

  11. Apa yang harus diisi pada email alternative?
    Email Alternatif adalah email aktif yang dimiliki oleh pendaftar selain email Rumah Belajar.

  12. Berapa jumlah karakter minimal pada kolom password?
    Karakter minimal pada kolom PASSWORD adalah 6 karakter.

  13. Apakah ada persyaratan karakter password?
    Iya, kombinasikan password anda dengan huruf kecil dan angka tanpa spasi contoh : putupastika123.

  14. Apa yang diharus diisi pada kolom konfirmasi password?
    Isian yang sama seperti pada kolom PASSWORD.

  15. Apa yang dimaksud dengan Captcha?
    Captcha adalah Kode Unik Verifikasi Sistem, umumnya menggunakan huruf dan angka.

  16. Mengapa Kode Captcha tidak muncul?
    Klik Tombol untuk melakukan Refresh hingga Kode Captcha muncul.

  17. Mengapa setelah menekan tombol DAFTAR tidak melanjutkan ke langkah berikutnya (berhasil daftar)?
    Pastikan semua isi pada kolom isian sudah terisi dan sesuai ketentuan.

  18. Jika keluar pesan “The NUPTK / No KTP field is required”
    Lengkapi nomor NUPTK/KTP

  19. Jika keluar pesan “Password dan Konfirmasi Password tidak sama”
    Pastikan Isi Password dan Konfirmasi Password sama.
Login Guru dan Siswa

  1. Bagaimana melakukan LOGIN?
    Buka https://belajar.kemdikbud.go.id/jejakbali
    Jika sudah terbuka halaman kelas maya Jejak Bali, Silahkan Klik Tombol LOGIN di pojok kanan atas, selanjutnya pilih kategori, masukan username dan password kemudian klik Masuk.

  2. Apa yang dimaksud dengan “pilih kategori” pada menu login?
    Kategori Guru untuk Pendidik/Tenaga Kependidikan, kategori Siswa untuk Peserta didik/siswa, kategori penyelenggara untuk penyelenggara/admin sekolah.

  3. Bagaimana jika saya lupa password?
    Silahkan pilih menu “Lupa Password”

  4. Bagaimana cara melakukan “Lupa Password”?
    Pada menu Log In pilih kategori masukan username lalu klik “Lupa Password”, isi username lalu isi email masukan kode captcha klik “Lupa Password”, link “Lupa Password” akan dikirimkan ke email yang telah diisikan.

  5. Bagaimana cara melakukan reset password jika tidak ada link reset password di email?
    Password silakan bias diminta ke admin penyelenggara sekolah.

  6. Bagaimana mengubah profile pengguna?
    Setelah LOGIN klik nama pengguna pada pojok kanan atas kemudian akan keluar menu edit profil, dari menu edit profil pilih informasi yang akan dirubah pada profile pengguna lalu klik tombol simpan.

  7. Apa yang harus diisi pada saat edit profil (mengubah profil pengguna)
    Yang terpenting adalah sekolah penyelenggara, pastikan sudah tercantum nama sekolah anda. Jika masih tertulis pustekkom silahkan ganti dengan cara memilih sekolah anda.
Siswa

  1. Bagaimana cara mengikuti kelas?
    Login di Jejak Bali dan pada menu Dashboard, klik cari kelas pada bagian atas.

  2. Setelah klik cari kelas, apa yang harus dilakukan?
    Ketik kelas yang akan anda ikuti pada menu cari kelas, kemudian, pilih mata pelajaran dan kelas yang ingin anda ikuti, setelah muncul kelas yang anda maksud silahkan klik di kelas tersebut.

  3. Bagaimana jika ketika login sebagai siswa, dan cari kelas, kelas yang kita cari tidak ada?
    Berarti kelas tersebut belum dibuat oleh guru anda, silakan tanya ke guru mata pelajarannya.

  4. Bagaimana cara melihat kelas yang diikuti?
    Jika anda sudah berhasil masuk kekelas yang diinginkan,; jumlah kelas yang sudah diikuti akan terlihat pada samping kiri atas;

  5. Bagaimana cara mendapatkan kata kunci?
    Kata kunci kelas diberikan oleh guru Anda, kemudian pada kolom sebelah kanan kemudian klik Daftar.

  6. Bagaimana cara melihat konten kelas (modul, tugas, kuis dan ujian?
    Melihat konten kelas yang diikuti (modul, tugas, kuis dan ujian) silahkan klik kelas tersebut

  7. Bagaimana cara mengikuti kegiatan belajar di kelas maya?
    Silakan mendownload modul, mengerjakan tugas, kuis dan mengikuti ujian, klik pada tiap Kegiatan Belajar yang sudah ada.

  8. Bagaimana cara mengunggah tugas?
    Untuk mengirim tugas klik pilih File di kegiatan belajar, kemudian anda akan diarahkan ke file komputer, kemudian pilih file jawaban yang sudah anda simpan sebelumnya.

  9. Apa saja format bentuk tugas yang bisa diunggah?
    Kerjakan tugas di komputer, kemudian simpan file tugas tersebut dikomputer sesuai format yg diminta (word, excel, PDF, powerpoint atau berupa gambar).

  10. Berapa ukuran maksimal file tugas yang bisa diunggah?
    Ukuran file maksimal 10 MB.

  11. Kapan harus mengikuti Ujian Akhir?
    Atas petunjuk guru dan dilaksanakana setelah kegiatan belajar modul dan tugas semua telah dipelajari.

  12. Bagaimana cara mengatasi “jendela terbuka dan waktu ujian sesi habis” saat mengikuti ujian akhir?
    Silakan setting waktu gadget (laptop, HP) anda ke WIB (UTC+07.00: Bangkok, Hanoi, Jakarta).

  13. Bagaimana cara setting waktu di laptop?
    Sebelum ujian harap memastikan settingan waktu adalah UTC+7 (Bangkok, Hanoi, Jakarta), caranya adalah dengan masuk ke Control Panel -> pilih Clock, Language, and Region -> pilih Change the time zone -> pilih Change time zone... -> pilih UTC+7 (Bangkok, Hanoi, Jakarta) -> kemudian klik OK.

  14. Bagaimana jika sudah setting, waktu jam masih tidak berubah?
    Periksa ulang waktu di PC, jika berubah / tidak sesuai dengan jam saat ini, sesuaikan jam nya dengan cara masuk ke Control Panel -> pilih Clock, Language, and Region -> pilih Change the time zone -> pilih Change date and time -> sesuaikan waktu dengan saat ini -> kemudian klik OK.
{{ id70291611403200 }}